Back to homepage

Tentang Aplikasi Siporas

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Solok adalah salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 07 tahun 2010 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi, serta Tata Kerja Kantor Kesbangpol Kabupaten Solok yang bertugas membantu pemerintahan dalam bidang kesatuan bangsa dan politik. Sebagai Unit Organisasi Kantor Kesbangpol mempunyai peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah. 

Pemantauan Orang Asing di Kabupaten Solok merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh Kantor Kesbangpol pada Seksi Kesatuan Bangsa dan Politik yang merupakan salah satu pelaksanaan tupoksi Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait di bidang ketahanan bangsa dan ekonomi. 

Dalam menjalankan fungsinya, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 49 tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan Orang Asing dan Organisasi Masyarakat asing di Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 50 tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan Tenaga kerja Asing di Daerah. Dalam peraturan tersebut pemerintah daerah diamanatkan untuk menjalankan peraturan tersebut sebagaimana mestinya, yaitu dengan melakukan pemantauan terhadap Orang Asing (Warga Negara Asing) selama mereka berada di Wilayah Indonesia, termasuk kegiatannya.

SIPORAS adalah Sistem Informasi Pelaporan Orang Asing melalui aplikasi berbasis website dimana pelaporan dapat dilakukan oleh masyarakat dan unsur masyarakat lainnya. Aplikasi Sistim Informasi Pelaporan Orang Asing berbasis website ini berisikan petunjuk manual tata cara pelaporan dan blangko atau form yang akan diisi oleh pelapor. Aplikasi SIPORAS bersifat online dengan alamat url : siporas.solokkab.go.id.

Tata cara penggunaan aplikasi ini dan hal terkait lainnya dapat Anda lihat pada menu 'Tata Cara Pelaporan'.

Anda masyarakat peduli Kabupaten Solok, Partisipasi Anda sangat berarti bagi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat serta melindungi kepentingan nasional dan khususnya di Wilayah Kabupaten Solok.